Pencapaian Asuransi Astra Tahun 2008

Membawa Perspektif Baru

 

BOD Astra

Para Pemegang Saham yang Terhormat

Pada akhir tahun 2010, Asuransi Astra berhasil memperoleh kenaikan gross premium sebesar 22% menjadi Rp 2,3 triliun dari Rp 1,9 triliun pada tahun sebelumnya. Selain itu investment income juga mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan menjadi Rp 309,7 milyar sehingga secara keseluruhan perusahaan mencatat laba bersih sebesar Rp 612,6 milyar atau 33% lebih tinggi dibandingkan tahun 2009. Sedangkan ekuitas perusahan pada akhir tahun 2010 mencapai Rp 1,9 triliun atau naik 37% dibanding tahun sebelumnya. Pencapaian ini merupakan hasil dukungan para mitra usaha dan pelanggan, baik di dalam maupun di luar lingkup Grup Astra, serta kontribusi dan kerja keras seluruh karyawan Asuransi Astra. Saya mewakili jajaran direksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra usaha dan pelanggan atas kerja sama yang telah terjalin dan menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang tulus kepada seluruh direksi, manajemen dan karyawan atas kerja keras dan pemikiran yang telah dicurahkan bagi perkembangan Asuransi Astra.
Kinerja positif Asuransi Astra tentunya juga tidak terlepas dari berbagai hal yang berhasil dilakukan oleh perusahaan, di tahun sebelumnya kami mencanangkan agar tahun 2010 merupakan tahun di mana kami akan kembali meletakkan landasan bagi tercapainya sustainable competitiveness. Upaya yang kami lakukan untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut di antaranya adalah melakukan ekspansi basis pelanggan baik di sektor ritel maupun korporasi dan pada saat yang bersamaan juga menjaga kerja sama yang telah ada, baik dengan mitra usaha maupun aliansi. Setiap ekspansi yang dilakukan, kami berkomitmen untuk menjaga agar tetap menghasilkan pendapatan underwriting yang positif sehingga bisa memberikan momentum pertumbuhan yang berkelanjutan.

Pencapaian strategis pada tahun 2010 adalah :

  • Melakukan konsolidasi internal dan eksternal untuk asuransi kendaraan baik roda dua maupun empat. Konsolidasi internal dilakukan untuk menciptakan basis operasional yang lebih solid dan landasan yang lebih kokoh untuk terwujudnya pelayanan pelanggan yang excellent serta kendali biaya operasional yang optimal. Konsolidasi eksternal dilakukan dengan para mitra usaha dan aliansi untuk kerja sama saling  menguntungkan, termasuk kemudahan dan efisiensi operasional melalui pendekatan teknologi informasi terkini.
  • Beberapa inisiatif penting yang berhasil dilakukan di bisnis asuransi kendaraan roda empat, antara lain adalah secara konsisten mengembangan jalur pemasaran langsung atau direct marketing melalui cabang dan melakukan efisiensi melalui program penyediaan suku cadang untuk bengkel-bengkel rekanan. Kami menilai bahwa jalur pemasaran langsung penting untuk terus dikembangkan di tahun-tahun selanjutnya terutama untuk menciptakan diversifikasi channel. Sedangkan program penyediaan suku cadang bagi bengkel bengkel rekanan telah berhasil menciptakan efisiensi bagi perusahan. Selain itu kami juga mengimplementasikan penggunaan Garda Q’System yang merupakan sebuah sistem B2B dengan bengkel-bengkel rekanan untuk efisiensi dan efektifitas proses.
  • Untuk asuransi roda dua, Asuransi Astra meluncurkan produk baru yang dinamakan SIGMA (Siap Ganti Motor Anda), yaitu sebuah produk asuransi yang memberikan perluasan manfaat berupa penggantian sebesar nilai awal pertanggungan motor untuk konsumen yang mengalami kehilangan. Kami juga mengembangkan kerja sama payment point dengan Federal International Finance (FIF) di mana pelanggan Asuransi Astra dapat melakukan pembayaran premi melalui kantor cabang FIF demikian juga sebaliknya.
  • Pada bisnis komersial, kami melakukan kerja sama dengan mitra-mitra strategis guna meningkatkan market share dan melakukan berbagai kegiatan untuk membina hubungan baik dengan para pelanggan di berbagai kota di Indonesia. Selain itu untuk meningkatkan pelayanan Asuransi Astra, kami melakukan penambahan manfaat Marine Portal serta memperluas jaringan bengkel perbaikan alat berat di Kalimantan.
  • Di segmen asuransi kesehatan, Asuransi Astra terus mengembangkan produk Garda Medika di tengah kondisi pasar yang makin marak. Garda Medika terus menjaga kualitas pelayanan kepada seluruh peserta melalui peningkatan sistem operasional, profesionalisme pelayanan tim dokter dan paramedis baik melalui Call Center 24 jam maupun dalam proses analisa medis dan klaim serta memperluas provider yang hingga tahun 2010 telah mencapai 617 provider.
  • Dengan pertumbuhan bisnis yang pesat maka dibutuhkan pula sistem informasi yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis dan perkembangannya, Asuransi Astra dalam hal ini secara berkelanjutan mengembangkan core system dan meningkatkan kualitas sistem informasi B2B yang ada dengan para mitra usaha.
  • Di sisi sumber daya manusia kami melakukan internalisasi lebih lanjut untuk AAB winning culture yang telah kami rumuskan di tahun sebelumnya guna menuntun perusahaan untuk terus maju dan berkembang. Berbagai kegiatan untuk mengembangkan AAB Winning Culture yang sudah dilaksanakan yaitu: peluncuran maskot AAB Winning Culture sebagai simbolisasi winning behavior yang selaras dengan strategic intent (Smart  Aggressive, Excellent Underwriting dan Simple-Reliable-Memorable), kegiatan internalisasi AAB Winning Culture ke seluruh karyawan serta kegiatan AAB Way sebagai media berkreasi bagi karyawan untuk meningkatkan performa perusahaan.
  • Asuransi Astra juga berhasil mempertahankan tempat di hati pelanggan, sebagaimana dibuktikan melalui berbagai penghargaan yang diraih sepanjang tahun 2010. Berbagai penghargaan yang berhasil diraih antara lain adalah Top Brand Award, Service Quality Award, Indonesian Most Admired Company Award (IMAC), Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA), Indonesian Best Brand Award (IBBA), Islamic Financial Award, Greatest Brand of The Decades, Autobild Award, Indonesia’s Most Favorite Netizen Brand, dan beberapa lainnya.

Selain mengembangkan bisnis perusahaan, Asuransi Astra terus melakukan pengembangan perekonomian, lingkungan dan sosial masyarakat selaku stakeholders perusahaan yaitu dengan tetap berperan aktif dalam program Astra Green Company dan Astra Friendly Company. Asuransi Astra juga terus mengadakan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility yang dikemas dalam program AAB Peduli. Beberapa kegiatan dari program AAB Peduli yang telah dilakukan selama tahun 2010 antara lain mengadakan edukasi masyarakat pada pentingnya berkendara secara aman dengan kampanye Always Drive Safe, pelestarian lingkungan hidup dengan kampanye Easy Green Living, dan Income Generating Activity yang membantu masyarakat kurang mampu di sekitar lingkungan Asuransi Astra untuk memiliki usaha level mikro, kecil, dan menengah.

Di tengah berbagai pencapaian kami di tahun 2010 tersebut, kami tetap mencermati berbagai perkembangan yang ada. Kami menilai bahwa tahun 2011 persaingan akan semakin ketat sehingga kami akan melakukan dua hal yang penting untuk diimplementasikan, yakni change and innovation. Kedua hal tersebut menjadi penting karena saat ini para pesaing sudah semakin agresif dalam mengejar pangsa pasar. Oleh sebab itu kreatifitas dan inovasi di segala bidang harus terus dijaga, termasuk melakukan transformasi proses bisnis. Tidak hanya itu, menjaga hubungan yang sangat baik dengan existing customer dan menciptakan produk baru sesuai kebutuhan pelanggan akan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan perusahaan.

Dalam jangka panjang, Asuransi Astra sebagai bagian dari Grup Astra berkomitmen untuk  turut berkontribusi dalam mensukseskan cita-cita Grup Astra di tahun 2020 yaitu agar menjadi perusahaan ikon Indonesia yang bukan hanya memiliki pengelolaan operasional dan keuangan terbaik tetapi juga dihormati dan dicintai oleh seluruh pemegang kepentingan. Maka dari itu, marilah kita memohon arahan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa agar semua cita-cita, karya, dan rencana yang kita rencanakan dapat terwujud.

Semoga Tuhan memberkati langkah kita.